Sample Footer

Senin, 24 Desember 2012

MEMBUAT MEDIA BELAJAR BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

MEMBUAT MEDIA BELAJAR BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

MEMBUAT MEDIA BELAJAR BANGUN RUANG
MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
I WAYAN SARDIKA
NPM : 1279

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
KAMPUS 3 BANGLI
ABSTRACK
Matematika adalah merupakan ilmu yang sebagian besar teorinya bersifat abstrak. Ini akan sangat menyulitakan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menegah. Sebagai pemecahanya diperlukan media pembelajaran dalam setiap pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat, yaitu media pembelajaran harus meningkatkan motivasi siswa, harus merangsang siswa mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran juga cocok untuk pembelajaran matematika terutama untuk materi yang memerlukan animasi, visualisasi, dan warna. Dengan tujuan membuat siswa aktif mengamati sambil mendengarkan, mencoba, dan mempraktekan, sedangkan guru secara aktif membimbing siswa agar tidak mengalami kesulitan belajar. Program komputer yang dibutuhkan untuk pengembangan daya pikir siswa adalah program yang sangat efektif, efisien dan familier terhadap pemakai program (user). Misalnya membuat media belajar geometri yaitu menghitung volume dan luas permukaan bangun ruang. Program ini dapat dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6.0 karena media belajar ini menggunakan bahasa pemrograman. Visual Basic 6.0 sendiri merupakan program komputer yang dikembangkan dari bahasa pemrograman BASIC (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code. Pembuatan program aplikasi ini pada umumnya terdiri dari beberapa langkah yaitu mendesain tampilan program, penggabungan form-form, serta membuat aplikasi EXE. Media pembelajaran geometri ini terdiri dari beberapa form yang digabungkan menjadi satu. Dalam setiap form pengguna dihadapkan pada soal yang berisi materi dan latihan soal volume dan luas suatu bangun ruang. Untuk menjalankan hasil keseluruhan program ini telah disediakan tombol-tombol yang disertai dengan nama berdasarkan fungsinya, selain itu untuk mempermudah dalam mengoperasikanya. Disamping untuk mempermudah dalam pengoperasiannya, kelengkapan menu dalam sebuah desain pembelajaran adalah untuk menjadikan sebuah media pembelajaran yang interaktif dan  komunikatif.



BAB I
PENDAHULUAN

  1. A.       LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam kurikulum nasional matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif.
Matematika kususnya materi geometri merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak. Dilain pihak selama ini media pembelajaran yang dipakai adalah alat peraga yang terbuat dari tripleks, kayu, atau kawat. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi, media pembelajaran tersebut kurang menarik perhatian dan minat siswa.
Karena itu guru dituntut untuk dapat mengupayakan media pembelajaran yang tepat sedemikian sehingga sifat abstrak dalam matematika dapat dipersempit dan lebih dapat menarik perhatian dan minat siswa tanpa mengurangi fungsi media pembelajaran secara umum. Pemilihan media pembelajaran matematika dengan menggunakan media komputer dikarenakan akhir-akhir ini di lingkungan akademis atau pendidikan penggunaannya bukan merupakan hal yang baru lagi.
Berdasarkan uraian di atas maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah “Bagaimanakah membuat media pembelajaran yang menarik menggunakan microsof Visual Basic 6.0 khususnya pada pembelajaran Bangun Ruang “.
B. TUJUAN
Dalam hal ini penulis  membuat media belajar khusunya membuat materi dan  latihan soal mengenai volume dan luas pemukaan bangun ruang menggunakan microsoft Visual Basic 6.0.
C. MANFAAT
Bagi siswa diharapkan dengan adanya media belajar ini maka :
  1. Siswa diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar geometri khususnya mencari volume dan luas permukaan bangun ruang.
  2. Siswa lebih tertarik mempelajari matematika dengan melihat tampilan media belajar yang dibuat menarik.
Bagi guru diharapkan dengan adanya media belajar ini maka :
  1. Kesulitan mengajar dan meneragkan cara mencari luas dan volume bangun ruang dapat diatasi.
BAB II
LANDASAN TEORI

Belajar merupakan suatu proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal-hal baru diluar informasi yang diberikan kepada dirinya. Pengetahuan perlu dipelajari dalam tahap-tahap tertentu agar pengetahuan itu dapat diinternalisasi dalam pikiran (struktur kognitif) manusia yang mempelajarinya.(dalam Saminanto, 2010)
Bruner dalam Sutikna (2005: 16-17), menjelaskan proses internalisasi akan terjadi secara sungguh-sungguh, yang berarti proses belajar mengajar terjadi secara optimal, jika pengetahuan itu dipelajari dalam tahap-tahap;(1) Enaktif, yaitu suatu tahap pembelajaran di mana pengetahuan dipelajari secara aktif dengan menggunakan benda-benda konkret atau situasi yang nyata (sesuai dengan tahap sensori motorik dari Piaget). (2) Ikonik, yaitu suatu tahap pembelajaran di mana pengetahuan direpresentasikan dalam bentuk bayangan visual, gambar atau diagram yang menggambarkan kegiatan konkret atau situasi konkret yang terdapat pada tahap enaktif (tahap pra operasi dari Piaget). Dan (3) Simbolik, yaitu suatu tahap pembelajaran di mana pengetahuan itu direpresentasikan dalam bentuk simbol-simbol abstrak, baik symbol-simbol verbal, lambang-lambang matematika maupun lambang-lambang abstrak lainnya (serupa dengan tahap operasi konkret dan formal dari Piaget).
Jadi suatu proses belajar akan berlangsung secara optimal jika pembelajaran diawali dengan tahap enaktif, dan kemudian jika tahap belajar yang pertama ini dirasa cukup, siswa beralih ke tahap belajar yang kedua, yaitu tahap belajar dengan menggunakan modus representasi ikonik. Selanjutnya kegiatan belajar itu dilanjutkan pada tahap ketiga, yaitu tahap belajar dengan menggunakan modus representasi simbolik. Dengan demikian guru memerlukan media pembelajaran agar tahap-tahap tersebut dapat tercapai.Salah satu tugas guru adalah melakukan kegiatan agar diperoleh hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang direncanakan ( Suharjono, 2010 ).
Menurut Koyo Kartasurya dalam Wijaya (1991:140) jenis media yang dapat digunakan dalam proses komunikasi pembelajaran digolongkan menjadi: (1) Media visual meliputi gambar/ tato, sketsa,diagram, charts, grafik, kartun, poster, peta dan globe, (2) Media dengar meliputi radio, tape recorder, magnetic sheet recorder, laboratorium bahasa, (3) Projected still media meliputi slide, film strip, over head projector, opaque projector, micro projector, micro film, (4) Projected motion media, meliputi film, film loop, televisi, closed circuit television (CC TV), video tape recorder, computer, program aplikasi komputer
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
Perancangan media pembelajaran dengan menggunakan Visual Basic 6.0  dimulai dengan membuat masing – masing formnya. Dalam pengerjaan media pembelajaran bangun ruang ini menggunakan banyak form atau multiform, langkah pertama adalah membuat form yang akan menjadi menu utamanya. Bukalah Visual Basic 6.0 lalu lalu pilih standar exe. Kemudian klik project-add Mdi form. Mdi form ini yang akan kita pakai sebagai form utama. Edit property pada bagian picture klik dan browse gambar yang telah dipersiapakan sesuai ukuran form, sehingga tampilanya seperti ini:
Selanjutnya setelah selesai membuat menu utama, namailah menu itu dengan nama mdi_ProgramBangunRuang. Selanjutnya pada menu di atas, klik menu project, lalu project propertis, selanjutnya di kolom startup objek pilih mdi_ProgramBangunRuang. Ini berarti form ini akan menjadi halaman awal saat program ini dijalankan.
Selanjutnya setelah mdi_ProgramBangunRuang muncul carilah menu tools. Lalu klik tool. Pada menu ini di isi dengan ketentuan :
Name Caption
File menuFile
…Pengantar Program submenuPengantar
…Exit submenuExit
Bangun Ruang menuBangunRuang
…Kubus submenuKubus
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas Permukaan Kubus
……Contoh Soal subnemuContohSoalKubus
……Latihan submenuLatihanSoalKubus
…Balok submenuBalok
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanBalok
……Contoh Soal subnemuContohSoalBalok
……Latihan submenuLatihanSoalBalok
…Limas submenuLimas
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas Permukaan Limas
……Contoh Soal subnemuContohSoal Limas
……Latihan submenuLatihanSoal Limas
…Prisma submenuPrisma
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanPrisma
……Contoh Soal subnemuContohSoalPrisma
……Latihan submenuLatihanSoalPrisma
…Tabung submenuTabung
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanTabung
……Contoh Soal subnemuContohSoalTabung
……Latihan submenuLatihanSoalTabung
…Kerucut submenuKerucut
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanKerucut
……Contoh Soal subnemuContohSoalKerucut
……Latihan submenuLatihanSoalKerucut
…Bola submenuBola
……Volume dan Luas Permukaan subnemuVolumedanLuas PermukaanBola
…..Contoh Soal subnemuContohSoalBola
……Latihan submenuLatihanSoalBola
Help nemuHelp
…Abouth subnemuAbout
seperti pada tampilan berikut:
Setelah itu kita akan menambahkan beberapa form lagi. Caranya adalah dengan mengklik menu project lalu pilih add form. Namai form tersebut masing sebagai berikut: Form_volumeluaskubus sejenis dengan Form_volumeluasbalok, Form_volumeluaslimas, Form_volumeluasprisma, Form_volumeluastabung, Form_volumeluaskerucut, Form_volumeluasbola dan  Form_contohsoalkubus sejenis dengan Form_contohsoalbalok, Form_contohsoallimas, Form_contohsoalprisma, Form_contohsoaltabung, Form_contohsoalkerucut, Form_contohsoalbola serta Form_latihanbangunkubus sejenis dengan Form_latihanbangunbalok, Form_latihanbangunlimas, Form_latihanbangunprisma, Form_latihanbanguntabung, Form_latihanbangunkerucut, Form_latihanbangunbola, Form_about, dan frm_pengantar. Selanjutnya desainlah masing masing form tersebut sehingga tampilannya menjadi seperti berikut :
name mdi_ProgramBangunRuang Form_latihanbangunkubus Form_latihanbangunbola Form_volumeluaskubus
Desain



Property form Scrollbar = false
StartUpPotition = 2. CenterScreen
Picture = ckoperproject.jpg
Height=8565
Widht =10305Borderstyle=3-Fixed Dialog
Height=8370
Widht=10680Borderstyle=3-Fixed Dialog
Height=8370
Widht=10680Borderstyle=3-Fixed Dialog
Height=8370
Widht=10680
Picture = volumeluaskubus.jpgcodeOption Explicit
Private Declare Function GetWindowLong Lib “user32″ _
Alias “GetWindowLongA” (ByVal hWnd As Long, _
ByVal nIndex As Long) As Long
Private Declare Function SetWindowLong Lib “user32″ _
Alias “SetWindowLongA” (ByVal hWnd As Long, _
ByVal nIndex As Long, ByVal dwNewLong As Long) _
As Long
Private Const WS_THICKFRAME = &H40000
Private Const GWL_STYLE = (-16)
Private Const WS_MINIMIZEBOX = &H20000
Private Const WS_MAXIMIZEBOX = &H10000
Public Sub NoMaxBox(f As MDIForm)
Dim l As Long
l = GetWindowLong(f.hWnd, GWL_STYLE)
l = l And Not (WS_MAXIMIZEBOX)
l = SetWindowLong(f.hWnd, GWL_STYLE, l)
End Sub
Public Sub NoMinBox(f As MDIForm)
Dim l As Long
l = GetWindowLong(f.hWnd, GWL_STYLE)
l = l And Not (WS_MINIMIZEBOX)
l = SetWindowLong(f.hWnd, GWL_STYLE, l)
End Sub
Private Sub MDIForm_Load()
NoMaxBox Me
Dim lStyle As Long
lStyle = GetWindowLong(Me.hWnd, GWL_STYLE)
lStyle = lStyle And Not WS_THICKFRAME
Call SetWindowLong(Me.hWnd, GWL_STYLE, lStyle)
End Sub
Private Sub nmPengantar_Click()
Unload Me
frm_pengantar.Show
End Sub
Private Sub submenuAbout_Click()
Unload Me
Form_about.Show
End Sub
Private Sub submenuContohSoalBalok_Click()
Unload Me
Form_contohsoalbalok.Show
End Sub
Private Sub submenuContohSoalBola_Click()
Unload Me
Form_contohsoalbola.Show
End Sub
Private Sub submenuContohSoalKerucut_Click()
Unload Me
Form_contohsoalkerucut.Show
End Sub
Private Sub submenuContohSoalKubus_Click()
Unload Me
Form_contohsoalkubus.Show
End Sub
Private Sub submenuContohSoalLimas_Click()
Unload Me
Form_contohsoallimas.Show
End Sub
Private Sub submenuContohSoalPrisma_Click()
Unload Me
Form_contohsoalprisma.Show
End Sub
Private Sub submenuContohSoalTabung_Click()
Unload Me
Form_contohsoaltabung.Show
End Sub
Private Sub submenuExit_Click()
Unload Me
End Sub
Private Sub submenuLatihanSoalKerucut_Click()
Unload Me
Form_latihanbangunkerucut.Show
End Sub
Private Sub submenuVolumedanLuasBalok_Click()
Unload Me
Form_volumeluasbalok.Show
End Sub
Private Sub submenuVolumedanLuasBola_Click()
Unload Me
Form_volumeluasbola.Show
End Sub
Private Sub submenuVolumedanLuasKerucut_Click()
Unload Me
Form_volumeluaskerucut.Show
End Sub
Private Sub submenuVolumedanLuasKubus_Click()
Unload Me
Form_volumeluaskubus.Show
End Sub
Private Sub submenuVolumedanLuasLimas_Click()
Unload Me
Form_volumeluaslimas.Show
End Sub
Private Sub submenuVolumedanLuasPrisma_Click()
Unload Me
Form_volumeluasprisma.Show
End Sub
Private Sub submenuVolumedanLuasTabung_Click()
Unload Me
Form_volumeluastabung.Show
End Sub
Private Sub submenuVolumeKerucut_Click()
Unload Me
Form_volumekerucut.Show
End Sub
Private Sub sunmenuLatihanSoalBalok_Click()
Unload Me
Form_latihanbangunbalok.Show
End Sub
Private Sub sunmenuLatihanSoalBola_Click()
Unload Me
Form_latihanbangunbola.Show
End Sub
Private Sub sunmenuLatihanSoalKubus_Click()
Unload Me
Form_latihanbangunkubus.Show
End Sub
Private Sub sunmenuLatihanSoalLimas_Click()
Unload Me
Form_latihanbangunlimas.Show
End Sub
Private Sub sunmenuLatihanSoalPrisma_Click()
Unload Me
Form_latihanbangunprismasegitiga.Show
End Sub
Private Sub sunmenuLatihanSoalTabung_Click()
Unload Me
Form_latihanbanguntabung.Show
End SubDim volume, luaspermukaan, jawaban_volume, jawaban_luaspermukaan, sisi As Integer
Private Sub cmd_koreksi_Click()
volume = sisi * sisi * sisi
luaspermukaan = 6 * (sisi * sisi)
jawaban_volume = Val(txt_volume.Text)
jawaban_luaspermukaan = Val(txt_luaspermukaan.Text)
If jawaban_volume = volume And jawaban_luaspermukaan = luaspermukaan Then
lbl_komentar.Caption = ” BAGUS, kedua jawaban anda BENAR”
ElseIf jawaban_volume = volume And jawaban_luaspermukaan <> luaspermukaan Then
lbl_komentar.Caption = “Jawaban anda untuk VOLUME BENAR namun LUAS PERMUKAAN SALAH”
ElseIf jawaban_volume <> volume And jawaban_luaspermukaan = luaspermukaan Then
lbl_komentar.Caption = “Jawaban anda untuk VOLUME SALAH tetapi LUAS PERMUKAAN BENAR”
Else
lbl_komentar.Caption = “COBA LAGI, Jawaban anda keduanya SALAH”
End If
If txt_volume.Text = “” Or txt_luaspermukaan.Text = “” Then
lbl_komentar.Caption = “”
MsgBox (“masukan dahulu jawaban untuk Volume dan Luas Permukaan kubus sesuai dengan soal tersebut!”)
End If
End Sub
Private Sub Cmd_soallain_Click()
Randomize
sisi = Int(Rnd * 10) + 1
lbl_soal.Caption = “Sebuah brangkas, dan brangkas tersebut berbentuk Kubus dengan Panjang rusuknya ” & sisi & ” cm. Hitunglah volume dan Luas Permukaan dari brangkas tersebut!”
txt_volume.Text = “”
txt_luaspermukaan = “”
lbl_komentar.Caption = “”
txt_volume.SetFocus
pic1.BackColor = vbBlue
‘menggambar jaring kubus’
pic1.ScaleMode = 0
pic1.ScaleLeft = -250
pic1.ScaleTop = 250
pic1.ScaleHeight = -500
pic1.ScaleWidth = 500
x = sisi * 10
xx = (60 / 100 * x)
‘x=panjang sisi pada gambar
‘panjang
pic1.Line (-x, -x)-(x, -x)
pic1.Line (-x, x)-(x, x)
pic1.Line (-x + xx, -x + xx)-(x + xx, -x + xx)
pic1.Line (-x + xx, x + xx)-(x + xx, x + xx)
‘lebar
pic1.Line (-x, -x)-(-x + xx, -x + xx)
pic1.Line (x, -x)-(x + xx, -x + xx)
pic1.Line (x, x)-(x + xx, x + xx)
pic1.Line (-x, x)-(-x + xx, x + xx)
‘tinggi
pic1.Line (-x, -x)-(-x, x)
pic1.Line (x, -x)-(x, x)
pic1.Line (-x + xx, -x + xx)-(-x + xx, x + xx)
pic1.Line (x + xx, -x + xx)-(x + xx, x + xx)
End Sub
Private Sub Cmd_info_Click()
MsgBox (“program ini merupakan sebuah program yang bertujuan membantu siswa dalam aplikasi volume dan Luas Permukaan sebuah bangun ruang Kubus. NB: volume = sisi x sisi x sisi    dan    Luas Permukaan= 6 x ( sisi x sisi ). dan semoga bermanfaat!! e-mail: dharmawangsa_dhr@yahoo.com an I Wayan Sardika”)
End Sub
Private Sub Command3_Click()
Unload Me
End Sub
Private Sub Form_Load()
Randomize
sisi = Int(Rnd * 10) + 1
lbl_soal.Caption = “Sebuah brangkas, dan brangkas tersebut berbentuk Kubus dengan Panjang srusuknya ” & sisi & ” cm. Hitunglah volume dan Luas Permukaan dari brangkas tersebut!”
pic1.BackColor = vbRed
‘menggambar jaring kubus’
pic1.ScaleMode = 0
pic1.ScaleLeft = -250
pic1.ScaleTop = 250
pic1.ScaleHeight = -500
pic1.ScaleWidth = 500
x = sisi * 10
xx = (60 / 100 * x)
‘x=panjang sisi pada gambar
‘panjang
pic1.Line (-x, -x)-(x, -x)
pic1.Line (-x, x)-(x, x)
pic1.Line (-x + xx, -x + xx)-(x + xx, -x + xx)
pic1.Line (-x + xx, x + xx)-(x + xx, x + xx)
‘lebar
pic1.Line (-x, -x)-(-x + xx, -x + xx)
pic1.Line (x, -x)-(x + xx, -x + xx)
pic1.Line (x, x)-(x + xx, x + xx)
pic1.Line (-x, x)-(-x + xx, x + xx)
‘tinggi
pic1.Line (-x, -x)-(-x, x)
pic1.Line (x, -x)-(x, x)
pic1.Line (-x + xx, -x + xx)-(-x + xx, x + xx)
pic1.Line (x + xx, -x + xx)-(x + xx, x + xx)
End SubDim volume, luaspermukaan, jawaban_volume, jawaban_luaspermukaan, jari As Double
Const phi = 3.14
Function Round(nValue As Double, nDigits As Integer) As Double
Round = Int(nValue * (10 ^ nDigits) + 0.5) / (10 ^ nDigits)
End Function
Private Sub cmd_koreksi_Click()
volume = Round(4 / 3 * phi * jari ^ 3, 2)
luaspermukaan = Round(4 * phi * jari ^ 2, 2)
jawaban_volume = Val(txt_volume.Text)
jawaban_luaspermukaan = Val(txt_luaspermukaan.Text)
If jawaban_volume = volume And jawaban_luaspermukaan = luaspermukaan Then
lbl_komentar.Caption = ” BAGUS, Jawaban Anda Keduanya BENAR”
ElseIf jawaban_volume = volume And jawaban_luaspermukaan <> luaspermukaan Then
lbl_komentar.Caption = “Jawaban anda untuk VOLUME BENAR namun LUAS PERMUKAAN SALAH”
ElseIf jawaban_volume <> volume And jawaban_luaspermukaan = luaspermukaan Then
lbl_komentar.Caption = “Jawaban anda untuk VOLUME SALAH tetapi LUAS PERMUKAAN BENAR”
Else
lbl_komentar.Caption = “COBA LAGI, Kedua Jawaban anda SALAH”
End If
If txt_volume.Text = “” Or txt_luaspermukaan.Text = “” Then
lbl_komentar.Caption = “”
MsgBox (“masukan dahulu jawaban untuk Volume dan Luas Permukaan balok sesuai dengan soal tersebut!”)
End If
End Sub
Private Sub Cmd_soallain_Click()
Randomize
jari = Int(Rnd * 10) + 1
lbl_soal.Caption = “Bola sepak milik Andi, memiliki jari-jari ” & jari & ” cm. Hitunglah volume dan Luas Permukaan dari bola tersebut!”
txt_volume.Text = “”
txt_luaspermukaan = “”
lbl_komentar.Caption = “”
txt_volume.SetFocus
pic1.BackColor = vbBlue
‘menggambar jaring bola’
pic1.ScaleMode = 0
pic1.ScaleLeft = -250
pic1.ScaleTop = 250
pic1.ScaleHeight = -500
pic1.ScaleWidth = 500
x = jari * 15
‘x=panjang pada gambar
‘y=lebar pada gambar
‘z=tinggi pada gambar
‘bola
pic1.Circle (0, 0), x
pic1.Circle (0, 0), x, , , , 1 / 2
pic1.Line (-x, 0)-(x, 0)
pic1.Line (0, -x)-(0, x)
End Sub
Private Sub Cmd_info_Click()
MsgBox (“program ini merupakan sebuah program yang bertujuan membantu siswa dalam aplikasi volume dan Luas Permukaan sebuah bangun ruang Balok. NB: volume=panjang x lebar x tinggi    dan    Luas Permukaan=2 x ( Panjang x lebar + panjang x tinggi + lebar x tinggi ). dan semoga bermanfaat!! e-mail: dharmawangsa_dhr@yahoo.com an I Wayan Sardika”)
End Sub
Private Sub Command3_Click()
Unload Me
End Sub
Private Sub Form_Load()
Randomize
jari = Int(Rnd * 10) + 1
lbl_soal.Caption = “Bola sepak milik Andi, memiliki jari-jari ” & jari & ” cm. Hitunglah volume dan Luas Permukaan dari bola tersebut!”
End SubPrivate Sub Command1_Click()
Unload Me
End Sub
Setelah masing – masing form kita ini menu, selanjutnya kita menuliskan kode programnya. Dimulai dari utama_frm, masuklah ke jendela koding lalu ketikkan kode di bawah ini di masing – masing form. Sesuaikan nama label, text box, form, picture box pada kode di atas dengan apa yang di desain pada masing masing form. Hal ini bertujuan agar program dapat di eksekusi dengan baik. Penulias hanya menampilkan 4 jenis form yang berbeda, sedangkan  form yang lain sejenis dan  tidak jauh berbeda. Sehingga hasil akhirnya seperti ini:



BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

  1. 1.        KESIMPULAN
Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pemakaian microsoft Visual Basic 6.0 sebagai sarana untuk membuat media pembelajaran luas permukaan dan volume bangun ruang cukup efektif karena cara pembuatannya relatif sederhana dan Visual Basic 6.0 menggunakan bahasa pemprograman yang sederhana pula.
  1. 2.        SARAN
Berdasarkan apa yang telah diuraikan di atas, maka penulis menyarankan :
  1. Dalam pembelajaran matematika hendaknya menggunakan media belajar berbasis TI untuk mengurangi sifat abstaksi dari pelajaran matematika itu sendiri.
  2. Guru sebagai pendidik hendaknya mengetahui atau mempelajari Visual Basic 6.0, dalam rangka pembuatan suatu media belajar karena penggunaan dan penerapannya yang penting




DAFTAR PUSTAKA

Endah Budi,dkk.2008.Contectual Teaching & Learning Matematika SMA Kelas VIII, Pusat Perbukuan, Jakarta.
Pujiati, M,ed. Dra. 2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP, PPPG Matematika Yogyakarta
Sadeli Muhammad, 2010. Kumpulan Proyek Visual Basic 6.0 6.0, Maxikom
Supardi, Prof. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal Dan laporannya, Bumi Aksara
One blogger likes this.

0 komentar:

Posting Komentar

Sample text

Label 5

Social Icons

Video Category

About Me

Foto saya
nama saya pulung aguswanto , alamat jl. tonjong no 07, kamp. pabelokan, desa bentarsari, kecamatan salem, kabupaten brebes, saya sedang menimba ilmu di universitas siliwangi tasikmalaya, jurusan teknik informatika,

Featured Posts